Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya penanggulangan bencana, PLN UP3 Ogan Ilir turut serta mengedukasi warga OKU Timur akan bahaya Listrik.

OKU TIMUR – KABAR PATROLI.ID, Kamis 10 Agustus 2023 – Dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran di daerah OKU Timur, pemerintah Kabupaten OKU Timur  bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah OKU Timur dan PLN menyelenggarakan Pelatihan Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana. 

Kegiatan  yang dilaksanakan di Aula Penginapan Helena Desa Sidodadi Kecamatan Belitang tersebut diikuti oleh seluruh Camat, Pengurus dan Anggota TP. PKK, Kades se-Kecamatan Belitang dan lainnya.

Mewakili dari PLN, hadir Manager UP3 Ogan Ilir Achmad Ariansyah dan Manager UP3 Lahat Teguh Aang Ismardianto. Kedua nya menghadiri acara pelatihan keluarga tanggap dan Tangguh bencana dikarenakan wilayah OKU Timur mempunyai irisan wilayah kerja antara PLN UP3 Ogan Ilir dan PLN UP3 Lahat, sehingga melihat acara ini sebagai ajang yang tepat untuk bersama-sama melakukan edukasi bahaya listrik kepada masyakarat di daerah Belitang.
Dalam sambutan dan arahan dari Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin yang dibacakan oleh Kepala BPBD OKU Timur Mgs. Habibullah, S.I.P., M.M. menjelaskan bahwa Kabupaten OKU Timur “Sering terjadi bencana kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian manusia, sehingga dibutuhkan edukasi mengenai bahaya listrik dari Pihak PLN.” Jelasnya.

Dalam penyampaian materi edukasi bahaya listrik, PLN menghimbau kepada warga untuk dapat berhati-hati dengan instalasi listrik yang berada di sekitar lingkungan warga, tidak mendirikan bangunan dibawah kabel listrik PLN. Warga diingatkan bahwa jarak aman dari kabel listrik adalah 3 meter, sehingga baik itu bangunan atau pohon yang terlalu dekat dengan kabel listrik dapat menimbulkan bahaya listrik dan juga mengganggu supply tenaga listrik ke warga itu sendiri.

PLN juga menegaskan untuk tidak melakukan tindak pencurian listrik, karena selain berbahaya hal tersebut sebagai Tindakan melawan hukum. Warga dihimbau tidak menggunakan stop kontak secara berlebihan dan menggunakan peralatan listrik yang mempunyai SNI. Dengan demikian warga di daerah belitang khususnya dapat mencegah terjadi nya kebakaran yang diakibatkan oleh kelalaian manusia itu sendiri.

Tim Komunikasi
PLN UP3 Ogan Ilir