Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ADA RAHASIA BESAR PADA BUAH RAMBUTAN

Wow...! ADA RAHASIA BESAR PADA BUAH RAMBUTAN

KESEHATAN |KABARPATROLI.ID -- Rambutan merupakan tumbuhan buah yang multi fungsi, adapun manfaat dan khasiat buah rambutan tersebut dapat menyembuhkan demam, uban pada rambut, sakit disentri, sariawan atau bibir pecah-pecah, hingga kencing manis, bisa disembuhkan dengan buah rambutan apabila dilakukan dengan ramuan yang pas.

Disemua bagian yang terdapat pada buah rambutan memiliki manfaat tersendiri, seperti kulit buah rambutan, daun rambutan, biji rambutan, akar rambutan, semuanya  berkhasiat dan dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk kesehatan kita.

Di Indonesia buah rambutan terdiri dari beberapa jenis, yaitu: rambutan sinyonya, rambutan ropiah, rambutan lebak bulus, rambutan simacan, dan rambutan binjai.

Manfaat dan Khasiat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa bagian mulai dari pohon sampai akar rambutan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan:

1. Kulit buah Rambutan

Kulit buah Rambutan dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri, dan juga deman demam.

2. Kulit kayu Rambutan

Kulit kayu Rambutan untuk mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah.

3. Daun Rambutan

Daun Rambutan dapat digunakan untuk mengobati diare dan membuat rambut hitam.

4. Akar Rambutan

Akar Rambutan dapat digunakan untuk mengobati demam.

5. Biji Rambutan

Biji Rambutan dapat digunakan untuk mengobati sakit kencing manis (diabetes melitus).

Untuk pemakaian luar, giling daun buah rambutan hingga halus, kemudian tambahkan air secukupnya. Gunakan air perasannya dari gilingan daun untuk menghitamkan rambut anda yang memiliki uban.


Cara Pemakaian Untuk Pengobatan sebagai berikut :

Mengobati Kencing manis. Gongseng 6 biji rambutan, kemudian giling biji rambutan yang sudah digongseng hingga halus seperti serbuk. Seduh dengan dengan air panas. lalu dinginkan, kemudian minum airnya, sebelum diminum sebaiknnya anda saring dulu.

Mengobati demam  bersihkan kulit buah rambutan dengan air yang telah dikeringkan 20gr. Lalu tuangkan  tiga gelas air bersih, kemudian rebus kulit buah rambutan yang sudah dikeringkan  sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing sepertiga bagian. - Untuk mengobati disentri cuci kulit buah rambutan dengan air sebanyak 10 buah, lalu potong kulit buah rambutan yang sudah dicuci secukupnya. Lalu tambahkan air bersih sebanyak 2 gelas, lalu rebus hingga airn rebusan tersisa separuh saja. kemudia dinginkan, lalu saring air rebusan kulit rambutan dan minum.

Menghitamkan rambut beruban. Cuci daun buah rambutan dengan air secukupnya, lalu giling hingga halus. kemudian tambahkan setengah gelas air sambil digiling hingga merata sampai seperti bubur. Lalu peras dengan kain bersih. Pakai hasil air perasan yang terkumpul lalu usapkan seluruh air perasan di rambut anda.

Mengobati sariawan cuci kulit kayu rambutan sebanyak tiga ruas jari, kemudian rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. pakai air rebusan untuk berkumur.


Redaksi