Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kades Sumber Mulya Berharap Pimdes Pagar Dewa Bersinergi Dalam Upaya Solusi Perbaikan Akses Jalan Rusak.

Photo: Kades Sumber Mulya Pak. P. Lubis Kec. Lubai Ulu Kab. Muara Enim Prov. Sumsel - Indonesia.

Muara Enim, Kabarpatroli – Jalan yang menjadi akses warga dua desa di kecamatan lubai ulu kabupaten muara enim dalam melancarkan roda perekonomian masyarakat desa Sumber Mulya dan Pagar Dewa untuk mengangkut hasil pertaniannya sekarang ini kondisinya sangat memprihatinkan. 

Menurut beberapa warga yang berhasil dikonfirmasi awak media, mereka menerangkan bahwa kondisi jalan rusak tersebut sudah bertahun-tahun ini kondisinya memprihatinkan mereka belum sama sekali merasakan adanya perhatian serius dari pihak terkait mengenai kondisi jalan tersebut,"tegas mereka kepada awak media ini.

Warga Desa Sumber Mulya Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera-Selatan telah sejak lama mendambakan akses jalan yang layak untuk mereka lewati, apa lagi ketika waktu musim hujan akses jalan sulit untuk di lewati dan sudah seringkali membuat warga celaka disebabkan kondisi jalan yang rusak dan berlumpur itu.

Photo: Kondisi jalan rusak yang dikeluhkan warga Kades Sumber Mulya Berharap Pimdes Pagar Dewa Bersinergi Dalam Upaya Solusi Perbaiakan Akses Jalan Rusak tersebut.

Berdasarkan pantauan media di lapangan akses jalan tersebut memang sudah sangat memprihatinkan dan perlu mendapatkan perhatian serius oleh pihak- pihak yang berwenang dalam hal ini seperti dari pihak Pemerintah, Perusahaan BUMN maupun Swasta yang ada beroprasi di dua wilayah yang ada di desa tersebut, seban jalan tersebut seringkali di lewati warga saat mau ke kebun, pasar, anak-anak yang mau berangkat ke sekolah akibat kondisi jalan berlumpur sering terhambat juga saat ada warga yang sakit dan perlu penanganan medis cepat jadi seringkali menjadi momok yang menyeramkan bagi warga pengguna jalan tersebut.

Saat hal tersebut di konfirmasikan langsung oleh awak media kepada Kepala Desa Sumber Mulya bapak. P. Lubis di kantornya, beliau menyambut hangat kedatangan awak media di ruang kerjanya dan ia juga banyak menceritakan kondisi keadaan desa yang di pimpinnya saat ini.

Photo: Kantor Kepala Desa Sumber Mulya Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten. Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan - Indonesia

Adapun terkait akses jalan yang telah sejak lama dikeluhkan oleh warga desa Sumber Mulya yang ia pimpin sekarang, beliau sudah mengambil langkah-langkah cepat berdasarkan hasil rapat ia dan perangkat desa dengan melayangkan surat pemberirahuan sekaligus permohonan ke camat maupun perusahaan yang yang beroprasi di wilayah kerjanya, namun yang menjadi kendala akses jalan yang rusak tersebut secara giografis bukan lagi wilayah Desa Sumber Mulya tetapi jalan tersebut masuk dalam wilayah Desa Pagar Dewa hanya saja yang banyak menggunakan akses jalan itu adalah warga desanya.

Dirinya sudah berkoordinasi dengan Kades Pagar Dewa dalam mencari solusi terbaik menangani perihal akses jalan yang kondisinya sangat memprihatinkan itu dan ia berharap pihak Pemerintah Desa Pagar Dewa dapat bersinergi dengan pihaknya dalam menangani penderitaan warganya selama ini. Selasa pagi 14/06/2022.

Photo: Kantor Kepala Desa Pagar Dewa Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten. Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan - Indonesia

Adapun Kades Pagar Dewa saat ditemui awak media di kediamannya Selasa sore 14/06/2022 menegaskan bahwa dirinya siap bekerjasama dengan pihak pemdes Sumber Mulya untuk mencarikan solusi yang terbaik demi kepentingan masyarakat umum,"terangnya.

Dikutif dari konfirmasi oleh media online diberita.com. Rismaludin selaku perwakilan dari Perusahaan mengungkapkan bahwa PT. Medan Smart Jaya telah melakukan perbaikan-perbaikan dan pemeliharaan di jalan tersebut. Rabu 08/06/2022.

“Karena dianggap langkah yang dilakukan Perusahaan kami tidak efisien, dan menimbulkan kecemburuan dari perusahaan lain, maka di ambil alih oleh PT. PLN”

“Pihak PT. PLN meminta kami untuk mengukur jalan yang rusak, dan dalam waktu dekat akan di lakukan perbaikan jalan, dan sudah dilakukan lelang siapa yang nanti mengerjakan perbaikan jalan tersebut”, tutupnya.


Laporan: tono dan rian