Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1.317 Kali Gempa Guncang Wilayah Sulteng Sepanjang Tahun 2020


Photo: Ilustrasi 1.317 Kali Gempa Guncang  Wilayah Sulteng Sepanjang Tahun 2020.


Palu,Kabarpatroli - Ribuan gempa tercatat mengguncang wilayah Sulawesi Tengah sepanjang tahun 2020 dengan dominasi Sesar Palu Koro.


Berdasarkan keterangan Hendrik Leopatty, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Palu, dari 1.317 kejadian gempa, terjadi gempa lokal sebanyak 649 kali dengan kurang lebih 200 kilometer dari Kota Palu.


“Gempa di Sulawesi Tengah masih didominasi gempa dangkal dengan kedalaman 60 kilometer dari permukaan,” ungkapnya, Senin (4/1/2021).


Dalam hal ini, belum dapat dipastikan apakah Sulawesi Tengah termasuk daerah paling banyak diguncang gempa atau tidak, mengingat data keseluruhan wilayah ada di BMKG Jakarta.


Untuk diketahui, kekuatan guncangan gempa di Sulteng tercatat 2 sampai dengan 5,0 Magnitudo, dan tak berpotensi tsunami, olehnya itu masyarakat dihimbau agar tidak panik menghadapi guncangan gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah serta untuk setiap daerah yang sering diguncang gempa tidak percaya berita hoax tanpa konfirmasi dari BMKG. 


“Sepanjang 2020 ini tidak berpotensi tsunami, tapi untuk menghadapi gempa ini tetap harus diwaspadai dan tetap pantau informasi dari BMKG,” tutup Hendrik.


(*/eko prasetyo)