Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ironis MTS Darul Fallah Tanjung Bulan, Nyaris Ambruk dan Butuh Bantuan


Keterangan Photo: Kondisi bangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Fallah Ogan Ilir, Sumatera Selatan sangat memprihatikankan. Dinding tembok, dengan atap asbes yang nyaris ambruk


Ogan Ilir | Kabar Patroli - Kondisi bangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Fallah di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Rambang Kuang Provinsi Sumatera Selatan kondisinya saat ini cukup memprihatikankan. Dinding tembok, dengan atap genteng yang nyaris ambruk, membuat pilu pelaksanaan proses belajar mengajar puluhan siswa di sekolah yang berdiri sejak puluhan tahun dengan jumlah murid yang menimba ilmu disana ada kurang lebih 154 murid.

Saat awak media Kabar Patroli meninjau keadaan sekolah MTS Darul Fallah Tanjung Bulan Kabupaten Ogan Ilir, sungguh memprihatinkan kondisi bangunan ruang belajar mengajar di sekolah MTS ini, pihak sekolah melalui kepala sekolah sangat berharap sekali agar kiranya pihak pemerintah maupun pihak swasta dapat membantu pembangunan sekolah yang saat ini ia pimpin. Rabu (29/5/2024)

Menurut Kepala sekolah kepada awak media Kabar Patroli dan tim KAMSOS Rabumulih, ia menerangkan bahwa kondisi kerusakan sekolah di bawah naungan Kementerian Agama tersebut ini, sudah berlangsung lama sehingga kerap mengganggu proses belajar mengajar para siswa.

“Terkadang kalau musim hujan kami liburkan sebab atap bocor dan masuk ke dalam kelas, siswa kami terpaksa dipulangkan karena membahayakan,” ungkapnya.

Berbagai upaya telah dilakukan pihak sekolah untuk memperbaiki, namun minimnya anggaran menyebabkan proses perbaikan sekolah rusak tidak berjalan optimal. “Proses pembelajaran pun akhirnya tidak efektif,” kata dia.

Ahmad, salah seorang orang yang mengaku wali murid disana mengatakan bahwa memang kondisi bangunan sekolah ini telah sejak lama nasibnya begitu sangat memprihatinkan dan hal itu cukup mengganggu proses belajar mengajar para siswa.

“Kondisinya sangat memprihatinkan melihat anak-anak sekolah dikelas yang rusak, takut tiba-tiba ambruk,” kata dia.

Bahkan akibat banyaknya dinding sekolah yang sudah retak, kayu atap telah banyak yg rapuh dan atas gentengnya juga sudah banyak yang lepas pelaponnya juga sebagian sudah pada jebol berikut kayu pintu dan jendelanya juga telah banyak yang lapuk dan lepas dari tempatnya.

“Kelasnya penuh kotoran hewan seperti kotoran kalong dan burung seperti bukan kelas saja, semoga saja sekolah ini bisa secepatnya direnovasi,” harapannya.

Adapun menurut Kepala Desa Tanjung Bulan saat dimintai konfirmasinya terkait keadaan dan kondisi sekolah tersebut, ia sangat berharap sekali dengan berita yang akan dimuat oleh media online maupun medsos dapat dibaca oleh pihak-pihak yang berwenang dalam masalah itu ia sangat berharap baik sekali baik dari pihak pemerintah maupun swasta agar segera mencarikan solusinya sehingga proses belajar mengajar disekolah tersebut dapat berjalan efektif seperti sekolah sekolah yang berada di perkotaan, "harapnya.

Penulis: Chairo RA
Editor: Kandarian 
Photo: tim KAMSOS RABUMULIH.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomo 0813-7780-9399*