Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warga Pagar Gunung Lubai, Bersyukur Terima Bantuan Pembangunan Rumah Gratis


Warga Pagar Gunung Lubai, Bersyukur Terima Bantuan Pembangunan Rumah Gratis


Muara Enim| Kabarpatroli - Selain meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan, Kepala Desa melalui Pemdes Pagar Gunung juga melakukan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat dengan kategori miskin.

Saat awak media meninjau lokasi bantuan pembangunan rumah untuk masyarakat kurang mampu di Babat Luhus, ujung Desa Pagar Gunung yang berbatasan dengan desa Jiwa Baru Kecamatan Lubai Ilir Kabupaten Muara Enim, tampak telah terpasang jaringan listrik PLN juga telah berdiri bangunan mushola untuk warga melaksanakan ibadah sholat serta pengajian, berikut sanitasi untuk kebutuhan air bersih wargapun telah juga sudah ada.


Hanya saja kondisi akses jalannya saja masih sedikit agak licin apalagi saat musim hujan ditambah dreanase juga belum ada, mudah-mudahan kedepan nanti pihak pemeritah pusat, provinsi dan kabupaten muara enim lebih meningkatkan lagi perhatiannya untuk wilayah lubai khususnya.


Menurut warga yang berhasil diwawancarai oleh wartawan di sana menerangkan, bahwa Meraka yang tinggal disini Alhamdulillah... syukur ada sekitar 10 buah rumah yang telah dibangunkan untuk mereka, informasi tahun ini akan ada lagi warga kami disini mendapatkan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni kabarnya ada tiga untuk tahun 2023, ungkap Wagiman dan salah satu tetangganya, ia berharap rumahnya yang mendapat giliran akan dibantu pembangunan rumah tidak layak huni tersebut, coba bapak lihat sendiri bagaimana kondisi keadaan rumah saya ini,"ungkapnya kepada Wartawan.

Menurut warga bila tahun 2023 ini warga yang tinggal di Babat Luhus kembali mendapatkan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni itu artinya ada 13 pembangunan rumah tidak layak huni yang telah mereka terima, mereka mengucapkan terima kasih karena selama pengurusan pengajuan mereka telah banyak dibantu oleh pihak Pemdes Pagar Gunung Kecamatan Lubai Ilir Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan - Indonesia.


Ditemui di rumahnya, Jumat (29/3/2023), salah satu penerima manfaat RTLH APBD Tahun 2021. Risman, warga Desa Pagar Gunung mengungkapkan kebahagiaannya karena mendapat bantuan. Sebelum dibangun, rumah yang ditempatinya bersama istri dan anaknya berdinding bambu dan beralaskan tanah. Tidak hanya itu, saat musim hujan atap rumahnya sering bocor dan angin masuk dari sela-sela dinding bilik bambu.


“Alhamdulillah, bangunan rumahnya sangat bagus dan nyaman tipe 46. Terima kasih kepada bapak. Imadul Baldi Selaku Kepala Desa Pagar Gunung juga beserta seluruh prangkatnya atas bantuan yang telah mereka terima," tuturnya.

Risman, mengaku selama proses pembangunan dirinya tidak dipungut uang maupun material bangunan sama sekali alias gratis.


Hal senada disampaikan salah satu warga di sana yang juga ikut menerima bantuan pembangunan RTLH dengan menggunakan APBD tahun 2022 bersyukur mendapat bantuan tersebut karena dirinya sudah sangat memimpikan dapat membangun rumah.


“Alhamdulillah, sekarang rumahnya lebih layak untuk ditempati dan tidak dipungut biaya sama sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pagar Gunung, Imadul Baldi mengucapkan, terima kasih atas bantuan pembangunan RTLH di Desa Pagar Gunung. Pemerintah Desa (Pemdes) turut dilibatkan dalam proses pengajuan penerima berdasarkan persyaratan dan pertimbangan lainnya. Menurutnya, program pembangunan RTLH di Desa Pagar Gunung tepat sasaran. “Alhamdulillah, bantuan ini tepat sasaran dan sangat membantu warga desa kami,” tegasnya.


Dia berharap program pembangunan RTLH yang dikoordinasi Dinas PUPR, PRPKP Muara Enim tersebut dapat terus dilaksanakan dengan jumlah penerimanya terus ditingkatkan.


Imadul Baldi, berharap kedepannya Pemdes juga dilibatkan dalam proses pengawasan pembangunan. Mengingat, Pemdes tidak bisa melakukan intervensi pengawasan karena terkendala kewenangan. Tujuannya, agar pemerintah desa dapat memantau perkembangan dan memastikan kesesuaian hasil dari program RTLH itu sendiri," ujarnya.


Liputan: Kandarian.