Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
1612928812-cf-R8-Tg-Re-J3n5-Vjs-S3-Bi1t-Ilx-Sd-EHtt-DO

Wow...! Kabid Pembinaan SD, Diganti Disinyalir Tanpa Koordinasi


Wow...! Kabid Pembinaan SD, Diganti Disinyalir Tanpa Koordinasi

Photo: Abi Nurwardani M.Or, Plt Kabid pembinaan SD di Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim

MUARA ENIM | KABARPATROLI --- Masih dalam hitungan minggu di Kabupaten Muara Enim memiliki Pemimpin Definitif,  Wakil Bupati atau Plt Bupati. Secara mengejutkan tiba – tiba saja seorang Plt Kabid pembinaan SD di Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim diganti tanpa sepengetahuan Kepala Dinas Pendidikan.


Kejadian itu tentu saja membuat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim Irawan Supmidi Spd, SMn, MM merasa kaget..

Hal itu disampaikannya kepada wartawan, ketika dimintai tanggapannya terkait pergantian Plt Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim Abi Nurwadani secara tiba – tiba, Senin (20/02/2023).

Dikatakan Irawan, pergantian tersebut, selain dirinya merasa tidak mengetahui  sebenarnya dirinya merasa keberatan atas pergantian mendadak tersebut, apalagi  pihak BKSDM tidak melakukan koordinasi terlebih dahulu terhadap dirinya.

” Tanpa kordinasi tiba tiba terbit SK baru,” ucapnya.

Photo: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim Irawan Supmidi Spd, SMn, MM 

Padahal lanjut Irawan, dirinya sebagai pimpinan di Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim sangat mengetahui kalau kinerja Plt Kabid Pembinaan SD Disdik Kabupaten Muara Enim yang lama sangat baik. Bahkan Dirinya selaku Kadisdik Muara Enim merasa bangga terhadap kinerja mantan Plt Kabid Pembinaan SD dimaksud , yang sudah menciptakan segudang prestasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim.

Sangat dirasakannya bagaimana Plt Kabid Pembinaan SD melakukan pembinaan di sekolah – sekolah di Kabupaten Muara Enim. Salah satu contoh penghargaan Adiwiyata provinsi di borong abis oleh Bidang SD Disdik Muara Enim, belum lagi penghargaan yang lainnya.

” Semenjak di jabat oleh saudara Abi tidak ada lagi kegaduhan mengenai  pungli oleh pihak Disdik terhadap Kepala Sekolah ” monitoring dan laporan dana BOS benar benar akuntabel, tidak ada pungli di zaman Abi “tuturnya.

Sementara itu, terkait pergantian Plt Kabid Pembinaan SD di Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim tersebut secara tiba – tiba tersebut, Ary Asnawi seorang pemerhati di Kabupaten Muara Enim beranggapan bahwa pergantian Plt Kabid Pembinaan SD di Disdik Kabupaten Muara Enim tersebut sangat disayangkan, mengingat kata Awi Plt Kabid Pembinaan SD yang lama begitu sudah familiar menguasai bidangnya dan tidak memiliki kesalahan.

“Seharusnya pejabat yang berkinerja baik harus dipertahankan,” ujar Awi.

“Jangan nanti justru bikin kegaduhan,” tambahnya.

Mala Awi mensinyalir pergantian itu ada muatan politis serta ada indikasi skema penguasaan proyek pengadaan barang dan jasa oleh oknum oknum dekat penguasa.

Menurut pria yang akrab disapa Awi ini dugaan tersebut bukan tanpa alasan, dari sumber yang dapat di percaya bahwa sebelumnya ada oknum dekat penguasa yang datang ke dinas Pendidikan menanyakan prihal data proyek. Tapi belum di tanggapi pihak Disdik Muara Enim hingga berbuntut lah pada  pergantian tersebut.

” Ipin, Upin dan Pokemon kabarnya kasak kusuk minta data data proyek, bukan hanya di Disdik saja tetapi dinas lain juga ” tukas Awi

Mirisnya lagi, Budianto SPd Plt. Kabid Pembinaan SD yang baru ketika dimintai tanggapannya terkait dirinya yang mendapatkan SK menggantikan Abi Nurwadani. Dengan jujur ia mengakui kalau dirinya merasa keberatan terhadap SK baru tersebut,

” Terus terang saja sebenarnya tapi karena ini perintah Bupati, aku tidak bisa menolak “kata Budi

Terpisah, kepala BKPSDM Kabupaten Muara Enim Harson Sunardi, S.AP, M.Si saat di konfirmasi melalui pesan WhatApp terkait ini, Selasa (21/02/2023) ia menjawab dengan singkat bahwa hal tersebut sudah di sampaikan dengan Dinas Pendidikan Muara Enim, ” sudah di sampaikan ke Disdik,"terangnya. (*)