Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbentur Aplikasi OM SPAN, Diduga Disdikbud Prabumulih, Kehilangan 18 item Pekerjaan DAK Fisik Tahun 2022


Photo: Kantor Disdikbud Prabumulih

K KABARPATROLI - DAK Fisik, ialah salah satu sumber pembiayaan untuk mencapai sasaran pembangunan pendidikan sekolah dasar adalah dana alokasi khusus (DAK) fisik. 

DAK fisik ini dimaksudkan untuk mendanai kegiatan khusus yang menjadi urusan daerah dan merupakan prioritas nasional sesuai dengan fungsi yang merupakan perwujudan tugas pemerintahan di bidang tertentu. Khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pelayanan dasar masyarakat.

DAK fisik tahun anggaran 2022 saat ini pelaksanaannya sedang berjalan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, salah satunya adalah Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022.

“Arah kebijakan DAK fisik tahun 2022 masih sama dengan sebelumnya yaitu untuk wajib belajar Pendidikan 12 tahun,” terang Ir. Fathurahman, M.Ed, Ph.D., Plt. Kepala Biro Perencanaan Kemendikbudristek, belum lama ini.

Disdikbud Prabumulih, terpaksa gigit jari pasalnya diduga mengalami kendala pada Aplikasi OMSPAN, 18 Paket Pekerjaan DAK Fisik bidang Pendidikan, Kesehatan dan Keluarga Berencana tahun Anggaran tahun 2022.

Total dana dari 18item Pekerjaan tersebut ditaksir nilainya mencapai Puluhan Miliar, dana sebesar itu tak jadi mengalir ke kota Prabumulih, ini tanggung jawab siapa...?

Redaksi mencoba menggali sedikit informasi terkait Aplikasi OMSPAN yang menjadi faktor utama kendala pada Aplikasi OMSPAN yang konon tidak dapat di buka untuk melakukan infut dokumen persyaratan penyaluran Anggaran DAK fisik tahun 2022, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Prabumulih.

Aplikasi OM-SPAN adalah Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara, aplikasi yang digunakan dalam rangka memonitoring transaksi dalam SPAN dan menyajikan informasi sesuai kebutuhan yang diakses melalui jaringan berbasis web. Aplikasi OM-SPAN diluncurkan dalam rangka memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, terinci, dan terintegrasi mengenai implementasi SPAN. Aplikasi OM-SPAN dapat diakses di alamat web http://spanint.kemenkeu.go.id pada browser di komputer/laptop/smartphone yang tersambung jaringan internet.

Gagalnya 18 item Pekerjaan Fisik DAK tahun 2022, untuk Prabumulih. Bernilai puluhan miliar yang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, tak jadi mengalir ke Prabumulih di duga terkendala syistem pada Aplikasi OMSPAN, diketahui Redaksi sebelumnya dari surat yang dilayangkan oleh Disdikbud Prabumulih, kepada Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kota Prabumulih. Nomor Surat: 905/2114/Disdikbud PBM/2022, terkait tindak lanjut proses tender paket dinas pendidikan dan kebudayaan tertanggal 27 Juli 2022. 

Dimana di ketahui pada 25 Juli 2022, jadwal tender paket di Disdikbud Prabumulih, hasilnya tidak dapat memenuhi batas waktu penerimaan dokumen persyaratan penyaluran DAK fisik untuk tahun Anggaran 2022.

Hingga sampai dengan batas pemasukan dokumen persyaratan pada Aplikasi OMSPAN benar-benar telah berakhir dan tidak diperpanjang kembali. Aplikasi OMSPAN berakhir disaat tender belum selesai, surat tersebut di ttd oleh Kepala Disdikbud Prabumulih. Kusron S.Pd., M.Si.

Redaksi dalam waktu dekat akan membentuk tim investigasi terkait gagalnya pekerjaan proyek fisik DAK tahun 2022 melalui Disdikbud Prabumulih untuk kota seinggok sepemunyian ini.


REDAKSI