Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Launching Polri Presisi Corner, Gus Dawam Sambangi Universitas Bangka Belitung

Photo: Launching Polri Presisi Corner, Gus Dawam Sambangi Universitas Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG, KABARPATROLI - Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (FH UBB) Melaunching Polri Presisi Corner guna meningkatkan keilmuan para akademisi dan mengusung tema "Transformasi Polri Presisi dalam Perspektif Kompolnas" (1/6/22)

Dalam acara tersebut, FH UBB menghadirkan H. Muhammad Dawam SH.i.,MH. selaku Komisioner Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI) dan Wakapolda Babel yakni Brigjen Pol Sugeng Suprijanto, SH. 

Dalam sambutannya Dekan FH UBB Dr Derita Prapti Rahayu menjelaskan bahwa untuk menumbuhkan kolaborasi dalam hal meningkatkan pengabdian kepada masyarakat maka diperlukan kerja sama untuk membangun komitmen.

  "Kolaborasi dengan Kajati sudah dilakukan beberapa bulan lalu dengan hadirkan Pusat Studi Kajian Kejaksaan FH UBB, Kali ini kami kolaborasi dengan Polda tegaskan pengabdian melalui Presisi Corner," Ungkapnya (1/6/22)

Gus Dawam sapaan akrabnya dalam paparannya mengatakan bahwa Konsep Pemolisian Modern yang berawal dari gagasan Sir Robert Peel, Menteri Dalam Negeri Inggris yang kemudian memiliki prinsip-prinsip pemolisian modern yang diadopsi oleh berbagai negara, termasuk Indonesia yang kemudian dijabarkan dalam bentuk UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Lanjut Dawam, Polri menganut sistem sentralistik dengan mempertimbangkan demografi kewilayahan, sistem ketatanegaraan, demokrasi dan kultur masyarakat serta bentuk NKRI yang dipandang paling tepat

   "Mudah-mudahan acara seperti ini makin mendekatkan Polri kepada masyarakat dan makin meningkatkan kepercayaan publik kepada Instansi Kepolisian untuk keamanan yang harus diupayakan bersama," Tutupnya (1/6/22).


Laporan: Ridwan