Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isra Mi’raj Di TPU, Wako dan Wawako Sekaligus Sosialisasikan Fasilitas di Area Pemakaman

Photo: Usai giat Isra Mi’raj di area pemakaman umum
Prabumulih | Kabarpatroli - Hari Rabu (24/03/2021) bertempat di Taman Pemakaman Umum Sungai Medang, Pukul 14.00 Wib, Pemerintah Kota Prabumulih melalui Bagian Kesra telah menggelar Tabligh Akbar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H / 2021 M.

Photo: Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya MM

Isra Mi’raj pada tahun ini sedikit unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena seperti disebutkan diatas dilaksanakan di TPU ( Taman Pemakaman Umum ) khusus yang dibuat serta diperuntukkan bagi warga Kota Seingok Sepembunyian, telah rampung pembangunan nya oleh Pemerintah Prabumulih.

Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM menjelaskan, dipilihnya Pelaksanaaan Peringatan Isra Mi’raj di TPU ini ada pesan moral yang memang hendak ia sampaikan.

Walikota Ir. H. Ridho Yahya MM, mengungkapkan dirinya dan semua hadirin acara, warga Prabumulih bahkan pembaca sekalian pada akhirnya akan menempati Pemukiman Abadi yaitu Pemakaman.

“Suka atau tidak suka mau atau tidak mau kita pasti akan dimakamkan, sehingga pada peringatan Isra Mi’raj kali ini kita pilih Taman Pemakaman Umum’ Kota Prabumulih ini, semoga kita dapat mengambil hikmahnya” ungkap beliau dalam sambutannya.

Photo: Ibu Ngesti Rahayu Ridho dan Rombongan

Selain itu juga Pihak Pemerintah Kota Prabumulih juga sekaligus bertujuan mensosialisasikan, mengumumkan kepada khalayak ramai warga Kota Prabumulih bahwa sudah tersedia Pemakaman Umum’ bagi seluruh warga Kota Prabumulih dan gratis tanpa biaya kompensasi tanah lahan kuburan.

Sehingga informasi mengenai Fasilitas Pemakaman Umum’ ini dapat tersampaikan kepada warga Kota Nanas baik melalui hadirin secara lisan nantinya, atau publikasi media.

“Alhamdulilah pembangunan Taman Pemakaman Umum’ bagi warga kita sudah rampung, nantinya siapa saja kalau ada keluarga meninggal boleh silahkan dimakamkan, dan gratis hanya jika ikhlas memberi biaya pengurus makam 50 ribu saja, kalau tidak ada ya tidak apa-apa” urai Suami H. Ngesti Rahayu Ridho ini.

Untuk waktu kapan diberlakukan nya penggunaan kapling pemakaman bagi yang hendak dikebumikan, kata Walikota H. Ridho Yahya pada Oktober 2021 nanti diumumkan secara formal saat HUT Kota Prabumulih.

“InshaAllah nanti saat HUT Kota ini sudah bisa” ucap Ridho Yahya saat dimintai keterangan nya usai acara ini.

Photo: Wakil Walikota Prabumulih H. Andriansyah Fikri SH

Wakil Walikota H. Andriansyah Fikri SH, dalam sambutannya menerangkan alasan kenapa Pemakaman Umum’ Kota Prabumulih disematkan kata Taman, karena memang diarea pemakaman tersebut dibuatkan Taman.

“TPU Kota Prabumulih sengaja dibangun dengan konsep Taman, sehingga kesan seram seperti lazimnya coba kita hilangkan” ucap Wawako Andriansyah Fikri.

Ditambahkan nya pula bahwa saat ini area pemakaman ini juga masih dalam tahap lanjutan pengerjaan diantaranya rencana perluasan area. Sementara saat ini disebutkan bahwa total kawasan makam mencapai 7 hektar dan akan ditambah lagi kedepannya.

Photo: Ustadz Santo Kumar saat menyampaikan tausiyah

Diakhir Perhelatan ditutup dengan tausiyah oleh Ustadz Santo Kumar. Dalam pesan agamanya Penceramah Kondang di kota Prabumulih ini menyisipkan doakan dan memuji Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih.

Photo: SKPD dan tamu undangan lainnya

Ustadz Santo Kumar menyebutkan bahwa Ir. H. Ridho Yahya MM dan H. Andriansyah Fikri SH, merupakan sosok Kepala Daerah yang ‘Sopan Santun’ dengan siapa saja baik kepada Kalangan Pejabat, Ulama, bahkan masyarakat biasa.

Selain mendoakan Duet Kepala Dearah ini Ustadz Santo Kumar Juga turut mendoakan Ketua TP. PKK Hj. Ngesti Rahayu Ridho dan Wakil Ketua TP PKK Prabumulih Hj. Reni Indayani Fikri.

Photo: Wako dan Wawako meninjau area TPU

Usai kegiatan diatas dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke area lokasi dekat TPU oleh Walikota Ir. H. Ridho Yahya MM dan Wawako H. Andriansyah Fikri SH, bersama jajaran SKPD yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut. 

Laporan: tiem IWO Prabumulih 
Liputan: Advetorial