Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gus Dawam : Aliran Hakekok Blakasuta Tidak Ada Kaitannya Dengan Islam

Photo: Gus Dawam

JAKARTA, KABARPATROLI - Ramai diperbincangkan Sebuah ajaran sesat Hakekok Blakasuta kini jadi sorotan masyarakat.


Pasalnya dalam aliran Hakekok Blakasuta ini para pengikut diharuskan mandi bersama tanpa busana.


Ironisnya para pengikut aliran Hakekok Blakasuta percaya jika mandi bersama dan berendam tanpa busana bisa membuat mereka suci dan selamat dunia akhirat.


Akibatnya 16 anggota Hakekok Blakasuta ini diamankan dan  kemudian akan dibina oleh Polres Pandeglang Banten ( 11/3/21 ).


Menanggapi hal itu, team media berkesempatan mewawancarai Gus Dawam yang juga duduk sebagai Komisioner di Komisi Kepolisian Nasional RI ( Kompolnas RI ) di Kebayoran baru Jakarta Selatan.


Beliau mendukung penuh tindakan hukum yang dilakukan Polri, harapan ada edukasi publik yg terukur, tentu dalam penegakan hukumnya juga melibatkan Ahli dibidang agama. 


"Dengan demikian harapan kedepan tidak ada aliran - aliran baru lagi di Indonesia yang justru bertentangan dengan prinsip ajaran dasar agama" (17/3/21)


Lanjut Dawam, Dalam ISLAM hanya mengenal bentuk Syahadat yang sudah baku: Asyhadu An Laa  Ilaa Allahu, Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rasulullah. (Seorang Muslim menyatakan: Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali hanya Allah, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusanNya).


"Jadi dalam ISLAM tidak dikenal lagi ada utusan Allah sebagai Rasul setelah Nabi Muhammad. Jadi apabila dikemudian hari ada orang yg mengaku sebagai utusan Allah sebagaimana pimpinan aliran hakikok diatas itu, ďipastikan bukan ajaran Islam" ungkapnya ( 17/3/21 ).


Mantan Komisioner Komisi Informasi DKI tersebut menambahkan bahwa ajaran Islam akan selalu mengacu pada tiga aspek :

1. Cara ber-Iman atau Tauhid, yakni keyakinan dan ideologi seseorang.

2. Cara ber-Islam atau Syariat seseorang, yakni tata cara penegakan hukum yg mengatur baik kehidupan pribadi dan sosial. 3. Cara ber-Ihsan, yakni etika dan akhlak mulia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Dari ketiga aspek diatas harus dilaksanakan dengan cara, proses dan mekanisme yg baik dan tidak melanggar hukum. Pemahaman ber-Islam yang benar pasti melalui cara, proses dan mekanisme yang benar, baik, tidak melanggar hukum dan bahkan menginspirasi pihak lain untuk sama sama melakukan perbaikan baik dalam konteks personal maupun kenegaraan. Melihat dan membaca aliran Hakikok diatas tidak ada kaitannya dengan ajaran dasar Islam. Tandasnya ( 17/3/21 ).


Laporan: Ridwan