Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Sumsel Babel Prabumulih, Terus Jalan Hingga Tahun Depan

PHOTOKepala Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih Tian Kedaumpu Yamin menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini Bank Sumsel berperan sebagai Bank Pemberi pinjaman modal usaha, berbentuk KUR di pendopoan Rumah Dinas Walikota Rabu (23/12/20).

PRABUMULIH, KABARPATROLI - Bertempat di pendopoan Rumah Dinas Walikota,23-12-20,Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, M.M Didampingi Ibu Ketua TP PKK Kota Prabumulih Ir. Hj. Suryanti Ngesti Rahayu Ridho Dan Wakil Ketua TP PKK Kota Prabumulih Hj. Reni Indayani, S.Km M.Si Dan Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Kota Prabumulih Bpk. Tian Kedaumpu Yamin, S.T M.M dan Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Prabumulih Bpk. Muhtar Edi, S.Sos, M.Si Secara Langsung Menyerahkan Bantuan Dari Pemerintah Kota Prabumulih Yaitu Sebagai Berikut : 

- Gerobak Kuliner 25 Unit

- Etalase Kuliner 100 Unit

(Total 125 Unit) Kepada Pedagang Keliling Dan Kuliner, Serta Pinjaman Modal Usaha   Dari Bank Sumsel Babel Tahun 2020.


Selain daripada itu para pedagang pun mendapatkan pinjaman dari Bank Sumsel Babel Prabumulih, berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang sangat kecil yakni pinjaman Rp1 juta, pembayaran 85 ribu perbulan selama 1 tahun.

Photo: Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM bersama Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih Tian Kedaumpu Yamin 


Saat dibincangi oleh awak media, Walikota Prabumulih mengatakan bagi yang menerima bantuan ini harus menjaganya dan amanah.


“Sebelum penyerahan kita juga buat perjanjian agar gerobak itu bisa dimanfaatkan dengan baik, dan jangan dijual gerobaknya, dan untuk tahun ini verifikasinya lebih ketat dari tahun sebelumnya. Kita nanti lakukan survey, jika memang benar mereka berdagang, pasti akan kami bantu,” ujar Ridho Yahya menjelaskan.


Terkait pertanyaan tentang efesiensivatau tidaknya pemberian bantuan Gerobak ini, walikota mengatakan kalau masyarakat yang meminta sendiri dan sudah banyak juga yang terbantu dengan program ini.


“Ini kan permintaan mereka, mereka datang ke rumah dinas dan meminta bantuan Gerobak, artinya kan apa yang sudah kita lakukan dulu bermanfat bagi mereka, dan juga daripada kita beri uang lebih baik kita berikan mereka Gerobak. Istilahnya daripada memberi ikan lebih baik memberi pancing.” Ungkap Walikota dua periode ini.


Photo: Saat selesai dalam kegiatan Penyerahan Bantuan Gerobak dan Etalase Kegiatan Pengembangan Pedagangan Keliling dan Kuliner Kota Prabumulih. Di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih. Pelaksana Disperindag. Dihadiri Walikota Prabumulih Rabu (23/12/20) Pukul.15.00 Wib.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih Tian Kedaumpu Yamin menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini Bank Sumsel berperan sebagai Bank Pemberi pinjaman modal usaha, berbentuk KUR.


“Dari 125 orang yang kita dengar tadi, nanti datanya kita ambil dari Disperindag Parabumulih. Tadi sudah kita lakukan penyerahan pinjaman sebagai sampel kepada 5 orang penerima bantuan hari ini. Pinjaman ini bungannya sangat lunak, yakni pinjaman Rp1 juta dengan pembayaran 85 ribu perbulan dikalikan 12 bulan jadi bunganya hanya sekitar Rp20 ribu, sangat lunak. KUR atau Kredit Usaha Rakyat ini bertujuan membantu masyarakat yang memang membutuhkan modal usaha,” jelasnya, sembari mengatakan bahwa Program KUR ini akan terus berjalan sampai tahun depan.


Laporan: Tiem IWO Pbm