Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buaya Muara Pantai Talise, Ancam Warga


Digigit Buaya Palu, Hampir Kehilangan Tangannya Seorang pria bernama Aris Tasmuri (51)


Palu,Kabarpatroli - Seorang pria bernama Aris Tasmuri (51), yang diketahui merupakan warga Jalan Sungai Ogotion, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, digigit seekor buaya muara di wilayah Pantai Talise, Minggu (13/12/2020).


Berdasarkan informasi yang diterima dari kakak angkat korban, Kaswoto, awalnya korban mandi bersama 8 orang pengunjung lainnya sekitar pukul 07.00 Wita.


Dalam kesaksiannya, Kaswoto mengungkapkan bahwa dalam kejadian ini korban sendiri berupaya keras menyelamatkan diri tanpa bantuan orang-orang di sekitarnya. Setelah selamat dari cengkraman gigitan buaya, korban bergegas naik ke daratan untuk menyelamatkan diri.


"Saat digigit buaya itu, tidak ada satu orang warga yang menolong. Adik saya itu naik sendiri ke atas, di atas itu baru orang tolong lantas dibawa ke rumah sakit," ujarnya.


Dari Rumah Sakit, terpantau kondisi korban masih sadarkan diri, akan tetapi tangan kanan korban remuk akibat gigitan buaya.


Sebelumnya, telah diberitakan seorang nelayan Jamal (50) juga pernah digigit seekor buaya belum lama ini. Akibat kejadian itu, korban mengalami luka sobek dibagian siku sebelah kiri dan kanan.


Selain itu, Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) telah memasang papan larangan untuk tidak beraktivitas di sekitar pantai itu. Tetapi hingga saat ini, masih ada warga yang tidak patuh dengan larangan tersebut.


Setelah insiden kedua ini terjadi, bagi warga lainnya agar lebih berhati-hati saat turun melaut di seputaran Pantai Talise.


Laporan: Eko Prasetyo