Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Terjangan Banjir, Puluhan Hektar Sawah di Semende Darat Ulu Rusak Parah

Picture by kabarpatroli.id
MUARAENIM, KABARPATROLI.ID - Akibat cura hujan Lebat sejak kamis siang hinga malam Jum'at Puluhan bidang sawah mengalami rusak parah di Ataran Pauh Ijang Desa Siringagung Kecamatan Semande Darat Ulu (SDU)  Kabupaten Muara Enim Sumateraselatan, jum'at (01/05/2020).

Dari kejadian ini 20 bidang sawah atau sekitar 10 Hektare Sawah gagal panen, dari kejadian itu beberapa jembatan penghubung desa  ke area persawahan rusak dan ada yang sampai terbawa arus, saluran irigasi Desa Aremantai terbawa hanyut sekitar kurang lebih 4 sampai 5 m, tidak hanya itu akibat banjir tersebut beberapa pipa air bersih pamsimas Desa  Siringagung juga terbawa arus hingga sebabakan  air bersih desa Siringagung mati total.

Diduga selain hujan deras penyebab banjir tersebut merupakan tanah longsor yg membedung sungai, setelah debit air semakin membesar bendungan tersebut lalu menyebabkan banjir bandang yg begitu besar.

Mudarman (46) kepada awak media mengatakan hujan lebat yang mengguyur daerah setempat berlangsung lama, "mulai kamis siang hinga Jum'at pagi curah hujan yang sangat lebat hingga mengakibatkan debit air anak sungai yang melintasi ataran Pauh Ijang menjadi tinggi, sehingga tidak tertampung lagi dan meluap ke persawahan, dan mengakibatkan Banjir bandang akibatnya puluhan bidang persawahan kami Rusak parah," ucapnya.

Kepala desa desa Siringagung kecamatan semendo darat ulu Nur Komala  membenarkan kejadian tersebut , "memang terjadi hujan deras yg mengakibatkan Air sungai meluap hingga menerpa sawah warga serta beberapa jembatan dan pipa air bersih hanyut,"katanya.

Dirinya mengatakan saat ini tengah menghubungi pihak kecamatan, dan kabupaten, "untuk sementara kami telah menghubungi Camat, dan mengirimkan surat ke pemerintah kabupaten guna menindak lanjuti hal ini ," Tutupnya.

Laporan: Zul
Editor: Riyan Hero