Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
1612928812-cf-R8-Tg-Re-J3n5-Vjs-S3-Bi1t-Ilx-Sd-EHtt-DO

Kawali Sumsel : Pihak PT Pertamina Sudah Melakukan Kejahatan Lingkungan

Berulang Kali Pipa Bocor, Pekerja Pembersih Limbah Tanpa Mengunakan APD

Prabumulih, Kabarpatroli  - Kebocoran minyak dari pipa PT Pertamina EP Asset 2 kembali lagi terjadi, kali ini bocornya pipa Pertamina menggenangi kolam warga.

Akibat dari dampak pipa Pertamina yang bocor menyebabkan ikan yg berada di kolam warga banyak yang mati.
Kebocoran pipa Pertamina terjadi di RT.04 RW. 01 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Prabumulih Timur.

Terpantau di lapangan, terlihat beberapa pekerja dari pihak PT Pertamina sedang melakukan pembersihan di lokasi sungai Rumbai.
  
Pekerja ini tanpa menggunakan alat pelindung diri ( APD ), untuk di ketahui minyak Pertamina ini merupakan bahan kimia jenis Cimikal yang sangat berbahaya jika terkontaminasi ke tubuh para pekerja dr pihak PT Pertamina.

Pemilik kolam Meijal Kurniawan menjelaskan, untuk Kebocoran  pipa Pertamina ini sudah yang ke tiga kali di lokasi ini. Senada yang di sampaikan Hansri Jhon, kolam kami ini tidak bisa menghasilkan kalau sudah tercemar oleh limbah minyak dari pipa Pertamina ini,
 
Untuk kerugian masih dalam perhitungan dari pemilik kolam yang terdampak dari limbah Pertamina ini.

Pengamat lingkungan Junifer Manurung SH menjelaskan, Pipa Pertamina inikan sudah puluhan tahun, wajar kalau sering mengalami kebocoran. 

Pihak dari Perusahaan Pertamina sudah mengadakan yang namanya LineCheker, ke mana Fungsi LineCheker dan apa saja kerja mereka, kalau ada insiden pipa bocor mereka tahunya dari warga yang melapor, " ucap Jun, Sabtu ( 18/11/2023).

Kawali Sumsel menyatakan bahwa Pertamina sudah melakukan kejahatan lingkungan, Pertamina harus bertanggung jawab terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi, " jelas Ketua Kawali Sumsel, Chandra Anugerah.

Ketika instansi yang menanganinya mandul seperti DLH dan KLHk, mereka berharap pihak kepolisian dalam hal ini Polda Sumsel agar UU Pidana Lingkungan Hidup dapat diterapkan, " katanya.

Sementara, dari pihak Perusahaan Pertamina sedang membuat Rilis berita terkait kebocoran pipa Pertamina ini. *(Ril)