Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wako Ridho Yahya, Apresiasi Kesigapan PT.Pertamina HRZ4 & SKK Migas Terhadap Insiden Korban Luka Bakar

Photo: Wako Ridho Yahya, Apresiasi Kesigapan PT.Pertamina HRZ4 & SKK Migas Terhadap Insiden Korban Luka Bakar

PRABUMULIH, KABARPATROLI - Kebakaran di dekat SKG 1 (Stasiun Kompresor Gas 1) ,yang berada di Desa Kemang Tanduk, kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), kota Prabumulih, provinsi Sumatera Selatan yang terjadi pada hari Senin 09/05/2022 sekitar pukul 06.10 WIB, telah teratasi dengan langkah sigap.Yang diambil oleh pihak Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Pemerintah, PT.Pertamina Hulu Rokan (PHR) regional 1 Zona 4 Limau field dan PT.Titis Sampoerna, yang beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas.

Untuk menuntaskan dengan cepat, terkait insiden tersebut telah dilakukan olah TKP.Olah TKP langsung oleh Puslabfor Polda Sumatera Selatan, di dampingi oleh Ditpamobvit Polda Sumatera Selatan,Polres kota Prabumulih, pada hari Selasa 10/05/2022.

Dalam kegiatan tersebut Tim Puslabfor melakukan pengambilan gambar dari atas, mengambil sampel cairan di lokasi kejadian kebakaran, melakukan pengecekan rekaman CCTV milik PT.Titis Sampoerna dan melihat peta jaringan pipa minyak dan gas milik PT.Pertamina Hulu Rokan Zona 4, maupun milik PT.Titis Sampoerna.

Selain itu juga dilakukan supervisi terkait keamanan kepada pihak security Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 yang bertugas. Sampai saat ini investigasi penyebab pasti, insiden yang terjadi di belakang pagar antara fasilitas operasi PHR Regional 1 Zona 4 Limau field dan PT.Titis Sampoerna ini, masih akan terus berjalan.Namun sudah dapat dipastikan bukanlah akibat dari ledakan pipa. Hal ini pula menandakan bahwa insiden yang terjadi, menjadi perhatian serius bagi SKK Migas.

Kepala perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan, Anggono Mahendrawan memastikan pihak KKKS PHR Zona 4 akan menjaga komitmen untuk memaksimalkan penyelesaian kejadian ini. Dengan tetap berkoordinasi dengan SKK Migas, Pemerintah Daerah setempat, aparat kepolisian dan TNI.seperti halnya hari ini Selasa 10/05/2022, Anggono Mahendrawan menyampaikan ungkapan apresiasinya dan terima kasih,atas dukungan yang diberikan oleh semua pihak baik pemerintah kota Prabumulih, kepolisian resor kota Prabumulih, dan Kepolisian Daerah provinsi Sumatera Selatan.

SKK Migas perwakilan Sumbagsel, juga akan memastikan agar PHR Zona 4 Prabumulih yang membawahi lapangan limau, untuk tetap menyiagakan petugas keselamatan dan pemadam kebakaran demi menjaga kondisi hingga di nyatakan benar-benar aman dan terkendali.

“Kami telah mintakan kepada PHR Zona 4 Prabumulih, agar bersama mitra untuk segera melakukan investasi penyebab kejadian ini.sehingga kedepannya dapat ditentukan strategi-strategi ataupun langkah preventif.untuk menghindari terjadinya kembali musibah atau insiden yang serupa”,Ujar Anggono Mahendrawan.

Selanjutnya SKK Migas mengharapkan, agar masyarakat dapat bekerjasama untuk memberikan waktu dan keleluasaan dalam proses penelusuran penyebab insiden tersebut.Hingga benar-benar mendapatkan mendapatkan informasi yang akurat dan tepat, untuk di sampaikan kepada masyarakat. Nantinya terkait penyebab terjadinya penyebab terjadinya insiden, sehingga akan meningkatkan kewaspadaan bersama di kemudian hari.

Melihat adanya korban luka bakar dalam kejadian tersebut, SKK Migas juga menekankan kepada PHR Zona 4 untuk terus memantau kondisi korban. Agar mendapatkan penanganan serius dari Tim medis, serta bagi korban luka bakar agar terpenuhi.

Selain itu juga diharapkan agar kegiatan operasional di lapangan,harus tetap berjalan dengan semestinya dan tetap mengedepankan kaidah-kaidah ,Serta berdasarkan SOP yang berlaku.Hal tersebut diperlukan untuk menjaga ketahanan energi nasional,tentu dengan tidak lalai dan lepas dalam penanganan kejadian ini.

Sementara pada proses olah TKP tersebut H.Ir.Ridho Yahya.MM, walikota Prabumulih meninjau dan melihat langsung kondisi Tempat Kejadian.Pada kesempatan tersebut Walikota Prabumulih, menyampaikan rasa haru dan prihatin kepada korban luka bakar.Yang merupakan warganya dan berharap mendapatkan perawatan yang intensif hingga sembuh kembali. H.Ir.Ridho Yahya.MM walikota Prabumulih, juga mengungkapkan apresiasinya kepada SKK Migas dan PHR Zona 4 yang telah mengambil langkah cepat dalam menangani kejadian tersebut, sehingga cepat teratasi.

“Kalau bukan karena langkah cepat yang diambil Pertamina, kejadian ini bisa jauh lebih membahayakan kita semua,khususnya di wilayah ini.Saya atas nama warga masyarakat kota Prabumulih, menyampaikan terima kasih, karena korban luka bakar telah di tangani dengan baik dan di bantu sepenuhnya oleh pihak Pertamina”, Ungkap H.Ir.Ridho Yahya.MM Walikota Prabumulih.


(Tim)