Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkot Prabumulih Gelar Sholat Istiqhosah Berjama'ah

Photo: Saat Ibadah Sholat Istiqhosah Berlangsung


PRABUMULIH, KABARPATROLI - Pemerintah Kota Prabumulih, telah menggelar giat ibadah Sholat Istiqhosah berjama'ah Senin pagi (31/05/21) Pukul 06.30 Wib dan doa bersama dimana kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Pemerintah Kota Prabumulih, kegiatan tersebut di ikuti langsung oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM. Wakil Wali Kota Prabumulih H Andriansyah Fikri SH beserta staf dan jajaran pegawai Pemkot Kota Prabumulih dan tamu undangan lainya.


Makna dari Sholat Istighosah itu sendiri adalah untuk meminta pertolongan dari Allah SWT, agar terlepas dari bala dan bencana.

Photo: Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM

Istighosah termasuk do’a. Namun do’a sifatnya lebih umum karena do’a mencakup isti’adzah yaitu meminta perlindungan sebelum datang bencana. Sedangkan istighosah yaitu meminta dihilangkan bencana.


Allah Ta’ala berfirman, 

“Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya.


Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus: 107).


Dan sudah jelas dari kutipan ayat suci Al'Quran di atas menunjukkan bahwa pada hakekatnya, setiap bencana dan musibah yang menghilangkan adalah Allah semata.


Dalam kegiatan ibadah Sholat Istiqhosah berjamaah di halaman gedung Pemkot Kota Prabumulih tersebut berlangsung hikmat. 


Laporan: IWO Prabumulih