Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penampakan Program Pembangunan Pasar Apung

Palopo,Kabarpatroli - Selain arena Road Race, akan hadir pula Pasar Terapung di Kota Palopo, hal ini diperkuat setelah pada Kamis kemarin (10/12/2020), Pemerintah Kota Palopo menggelar seminar Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Pasar Terapung Palopo di Aula Lantai III Hotel Mulia Indah.


Dalam Seminar ini, diketahui berdasarkan Detail Enggenering Desain (DED) bahwa lokasi pembangunan Pasar Terapung di perairan jalan lingkar Kel. Pontap, Kec. Wara Timur. 


Dalam pembangunannya, terdapat empat tahap yang direncanakan, yakni tahap pertama penimbunan dan pemancangan. Tahap kedua, pembangunan pasar terapung, sirkulasi, dan parkir.


Tahap tiga, pembangunan publik space dan monumen. Serta tahap keempat, pembangunan masjid terapung mirip piramida dan anjungan.


Program pembangunan ini dihadirkan berdasarkan beberapa isu terkait, diantaranya keberadaan lapak kuliner di sekitar kawasan jalan lingkar tidak tertata, namun memiliki potensi yang sangat baik serta akses kawasan yang berhubungan langsung dengan pelabuhan dan tidak memiliki area parkir yang memadai.


Selain itu, Pemukiman warga setempat yang telah ada dalam waktu cukup lama, sehingga dibutuhkan opsi agar mampu teritegrasi dengan kawasan. 


Dalam kegiatan yang dibuka oleh Asisten III Pemkot Palopo, Dr dr Ishaq Iskandar MKes ini, dirinya tak lupa berpesan agar pembangunan tidak berdampak negatif bagi masyarakat dan lingkungannya. Serta memperhatikan nilai budaya Luwu.


Laporan: EP