Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HD Minta Humas Sering Gelar Acara Silaturahmi Dengan Media

Kinerjanya Disorot Media, HD Minta Humas Sering Gelar Acara Silaturahmi Dengan Media

PALEMBANG, KABARPATROLI.ID - Gubernur Sumsel H.Herman Deru mengungkapkan dirinya kaget bercampur haru karena tak menyangka ternyata kinerjanya selama 2 tahun memimpin Sumsel begitu disorot awak media. Pernyataan itu diungkapkannya saat menghadiri silaturahmi Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama media cetak, elektronik dan online serta pengumuman pemenang lomba Video Feature Pemprov Sumsel, di The Zuri Hotel pada Rabu (2/12) siang.


" Kaget juga, ternyata kinerja Saya selama dua tahun ini bukan hanya dinilai oleh OPD dan konstituen saja tapi juga oleh masyarakat dan wartawan. Bagus sekali, karena masyarakat dan wartawan memang yang paling tahu kondisi di lapangan," ujar HD.



Agar semua program HDMY terinformasikan dengan baik dan maksimal, HD meminta agar Biro Humas dan Protokol (BHP) Pemprov Sumsel menggelar acara serupa sesering mungkin.


" Tidak harus formal seperti ini. Bisa dengan lebih santai, misalnya diskusi di dinas pariwisata atau bisa study ke luar daerah. Sekalian kita study apa saja yang sudah dimiliki daerah lain untuk jadi pembelajaran," jelasnya.


Menurut HD, Ia sangat senang bisa sering bersilaturahmi dengan awak media yang lengkap seperti ini. Pasalnya interaksi HD dan wartawan sehari-hari cenderung terbatas pada sesi wawancara saja bukan diskusi atau sharing khusus. Apalagi saat menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah, Ia bukan tipe yang banyak berdiam diri melainkan turun ke lapangan dari Senin sampai Senin lagi.


" Saya hampir tidak pernah berdiam diri. Senin ketemu Senin Saya bekerja di lapangan tentu punya banyak bahan. Tinggal lagi metode penyajiannya dan pemilihan judul agar lebih kreatif. Boleh saja judulnya sensasional tapi jangan "mukul". Terpenting apa yang ingin disampaikan terinformasi dengan baik," jelasnya. 


Lebuh jauh kata HD, pemilihan narasi untuk informasi juga harus disesuaikan dengan sasaran pembaca. Misalkan kalangan orang tua maupun milenial harus disiasati dengan cermat.


" Karena meski kinerja kita baik belum tentu terinfo dengan baik. kalau penyebaran infonya belom tepat," jelas HD.


Karena itupula Ia sangat mengapresiasi lomba video feature yang digelar BHP Pemprov Sumsel. Sebab dsri video itu, kinerjanya membangun infrastruktur jalan, percepatan pembangunan bendungan serta peningkatan produktivitas pertanian dapat dirangkum dan disebarkan masyarakat dan juga wartawan.


Di era serba dgital saat ini, HD juga tetap menyemangati pelaku media konvensional untuk tetap dapat bertahan. Karena menurutnya media konvensional tetap mendapat tempat tersendiri di hati pembacanya. Dalam kesempatan itu HD juga berkomitmen bersinergi dengan media secara adil dan proporsional.


Sementara itu Plt Kepala Biro Humas Protokol Pemprov Sumsel, Rika Efianti SE MM mengatakan, acara ini sengaja diagendakan sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan sinergitas antara Pemprov dengan insan pers baik cetak, elektronik dan online.


" Untuk itu Saya dan segenap panitia acar mengucapkan terimakasih karena rekan pers sudah meluangkan waktunya hadir dalam acara silaturahmi sekaligus pengumuman lomba video feature 2 tahun Kepemimpinan HDMY," ujarnya.


Untuk diketahui sejak awal November, Biro Humas Protokol Pemprov Sumsel menggandeng Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumsel menggelar Lomba Video Feature 2 Tahun Kepemimpinan HDMY. Lomba ini terbagi menjadi dua kategori masing-masing yakni kategori Jurnalis dan Umum. Dari dua tema yang disiapkan panitia yak u infrastruktur dan Lumbung Pangan, tema infrastruktur berupa jalan mulus yang direalisasikan Herman Deru menjadi pilihan para peserta lomba. Ini terlihat dari video peserta yang banyak diupload.


Untuk Kategori Jurnalis lomba video feature tersebut masing-masing dimenangkan oleh Juara I diraih Rahmad Jurnalis Metro TV, Juara Kedua diraih oleh Ary Priyanto dari Urban.id serta Juara Ketiga diraih Rizki Jurnalis Kompas TV.


Sedangkan untuk Kategori Umum Juara I diraih oleh Irpan Saputra, Juara II diraih olrh Doeres Tina, Juara III diraih oleh Adi Winata.


Dalam kesempatan tersebut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Akhmad Najib, Kepala Dinas PU Bina Marga apemprov Sumsel Darma Budhy, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumsel, Dra Lesty Nurainy, Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, Ketua IWO Sumsel, Sonny Kushardian dan sejumlah Pimred Harian Tribun Sumsel Wenny Rahmawati, Pimred Harian Sumeks Nurseri Marwah, Pimred Pal TV Suzan Oktaria, Pimred Antara Sumsel Indra Gultom. (Ril)