• Jelajahi

    Copyright © Kabarpatroli.id - Media Berita Online Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Google Umumkan Format Baru Aplikasi Menjadi Android App Bundle (.aab)

    Stefan Boo
    Rabu, 25 November 2020, 9:39:00 AM WIB Last Updated 2020-11-25T02:39:57Z
    App bundle berbeda dengan APK karena Anda tidak dapat men-deploynya ke perangkat. Sebaliknya, ini adalah format publikasi yang menyertakan semua kode dan resource yang dikompilasi aplikasi Anda dalam satu artefak build. Jadi, setelah Anda mengupload app bundle yang ditandatangani, Google Play memiliki semua yang diperlukannya untuk membuat dan menandatangani APK aplikasi Anda, dan menayangkannya kepada pengguna.

    Android App Bundle adalah format publikasi yang menyertakan semua kode dan resource yang dikompilasi aplikasi Anda, serta menangguhkan pembuatan dan penandatanganan APK ke Google Play.

    Google Play menggunakan app bundle Anda untuk membuat dan menyediakan APK yang dioptimalkan untuk setiap konfigurasi perangkat, sehingga hanya kode dan resource yang diperlukan untuk perangkat tertentu yang akan didownload untuk menjalankan aplikasi Anda. Anda tidak perlu lagi membuat, menandatangani, dan mengelola beberapa APK guna mengoptimalkan dukungan untuk berbagai perangkat, dan pengguna mendapatkan hasil download yang lebih kecil dan lebih dioptimalkan.

    File Android Package (.apk) yang biasa digunakan pengembang aplikasi Android untuk mendistribusikan aplikasinya, akan berganti pada 2021 mendatang. 

    Dalam pengumumannya, Google mengatakan mulai Agustus 2021 Google Play Console akan mensyaratkan semua aplikasi beralih menggunakan format file (.aab), dan bukan lagi APK

    Format ini memiliki manfaat untuk aplikasi yang lebih kecil dan perilisan yang lebih sederhana kepada lebih banyak pengguna dan pengembang. Selain itu, aplikasi yang didistribusikan dengan Android App Bundle rata-rata lebih kecil 15 persen dibanding aplikasi yang menggunakan APK universal. Kata Google dalam pengumumannya. 


    Beberapa aplikasi yang sudah mencoba format ini adalah Netflix dan Riafy. 

    Format ini akan berdampak pada pengguna perangkat Android yang berada di wilayah dengan internet berkecepatan rendah. 

    Peralihan format file bisa menggunakan distribusi Play Asset Delivery dan Play Feature Delivery untuk mengirimkan asas dan fitur yang ukuran unduhannya lebih dari 150 MB. 

    Penggunaan ekstensi file OBB juga tidak akan mendapat dukungan setelah perubahan ini. Selain itu, pengembang harus mengunggah aplikasi baru ke Google Play dengan menerbitkan API level 30 atau Android 11. 

    Sementara untuk pembaruan aplikasi yang sudah ada, harus mulai menargetkan API level 30 mulai November 2021.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KRIMINAL

    +