• Jelajahi

    Copyright © Kabarpatroli.id - Media Berita Online Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Yahoo Grup Tutup Permanen Pada 15 Desember 2020

    natasha
    Rabu, 14 Oktober 2020, 4:47:00 PM WIB Last Updated 2020-10-14T09:47:54Z
    Layanan mailing list Yahoo Group akan ditutup pada 15 Desember 2020. Pengumuman ini sekaligus merupakan akhir perjalanan layanan email berkelompok yang telah berusia hampir 20 tahun itu.

    Layanan ini pernah sangat populer di era awal internet menjadi tren. Namun, kehadiran Yahoo Group terus tergerus seiring kehadiran Reddit, Google Group, dan Facebook Group. Perusahaan-perusahaan populer itu perlahan merebut basis pengguna raksasa Yahoo.

    Diluncurkan 19 tahun lalu pada 2001, Yahoo Group dibeli oleh Verizon pada 2017 lalu. Verizon kemudian memutuskan untuk menutup Yahoo Group melalui pengumuman lewat email kepada para pengguna Yahoo Group dan lewat situs web Yahoo.

    Verizon tidak pernah memiliki rencana untuk menghidupkan kembali layanan tersebut. Perusahaan beralasan, penutupan dilakukan akibat penurunan penggunaan yang stabil selama beberapa tahun terakhir.

    Secara bertahap Verizon mulai menghentikan Yahoo Group pada tahun lalu. Proses dua tahap awal diumumkan pada Oktober 2019.

    Pada saat itu, Verizon mengumumkan bahwa pengguna tidak lagi dapat membuat konten baru (diskusi) ke situs setelah 21 Oktober. Perusahaan berencana untuk menghapus secara permanen semua konten pengguna sebelumnya pada 14 Desember 2019.

    Secara misterius, Verizon juga tidak mengizinkan pengguna untuk mengarsipkan diskusi mereka sebelumnya.

    Meskipun langkah-langkah Verizon sejak 2019 memungkinkan situs web Grup Yahoo tetap aktif, situs itu tidak pernah sama.

    Saat itu, pengguna tak lagi bisa menambah diskusi baru di forum Yahoo. Tapi, mereka masih bisa membuat grup baru dan mengirim email massal dengan semua anggota sekaligus.

    Dengan dua keputusannya, Verizon secara efektif mengubah Grup Yahoo dari papan diskusi menjadi email. Pengumuman terakhir penutupan datang pada selasa (13/10/2020). 

    Dilansir dari ZDNet, mulai selasa (13/10/2020). pengguna Yahoo Grup bahkan tidak dapat membuat grup baru. Hanya fungsi email yang akan dibiarkan aktif. 

    Akan tetapi, fitur email juga akan dihentikan setelah 15 Desember 2020 ketika Verizon berencana untuk menutup semua infrastruktur Yahoo Group. Penutupan Yahoo Group mengakhiri era bagi orang-orang yang telah menggunakan internet sejak awal kehadirannya.

    Dilansir dari PC Mag, penutupan yang akan datang menutup satu bab dari sejarah internet. Untungnya, tim relawan bekerja tahun lalu untuk menyimpan banyak halaman di Yahoo Groups sebelum dihapus. 

    Seorang sukarelawan memberi tahu  bahwa tujuannya adalah untuk menyortir dan akhirnya mengunggah file yang disimpan ke Internet Archive.

    =========================
    Yang ditutup Yahoo Group ya.
    Bukan fitur email yahoo.
    =========================

    Sumber:
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KRIMINAL

    +