• Jelajahi

    Copyright © KABARPATROLI.ID - Media Berita Online Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Intruksi Walikota Dinkes Dan Kominfo Prabumulih Adakan Rapid Test Dadakan Dipusat Keramaian

    KANDARIAN
    Kamis, 25 Juni 2020, 8:12:00 AM WIB Last Updated 2020-06-25T04:08:06Z
    PRABUMULIH, KABARPATROLI.ID - Wujud keseriusan pihak Pemkot Prabumulih dalam mengantisipasi angka penyebaran Covid 19 di Kota Prabumulih, Rabu 24 Juni 2020, Walikota Prabumulih Ir.H.Ridho Yahya MM intruksikan Dinas Kesehatan Prabumulih dan Dinas Kominfo untuk bergerak lakukan Rapid test dadakan dan penyemprotan disinfektan di pusat keramaian dimana sasaran pertama kegiatan itu adalah Citimall Kota Prabumulih.

    Tak hanya itu, beberapa Tim Gugus Tugas Covid 19 bersama Kominfo Pemkot Prabumulih juga tidak henti hentinya memberikan himbauan kepada pengunjung maupun pegawai di Tenant Citimall agar selalu waspada dan menjaga jarak satu sama lain.

    Karyawan tenant yang di rapid test diantaranya dari tenant Mr DIY, Matahari, Hypermart dan lainnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih, dr H Happy Tedjo melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Joko Listiano mengatakan, pihaknya melakukan rapid tes dadakan terhadap karyawan dan pengunjung citimall untuk menekan penyebaran Covid 19.


    "Kita hari ini lakukan rapid test dadakan kepada karyawan maupun pengunjung untuk menekan angka penyebaran kepada masyarakat yang ingin berbelanja agar mereka merasa aman baik bagi pengunjung maupun pedagang di mall tersebut dengan dilakukan secara acak," kata Joko saat dibincangi.

    Ditanya adakah sasaran tempat ramai lainnya, Joko Listiano menegaskan, kalau dinas kesehatan akan lakukan koordinasi terlebih dahulu kepada atasan untuk mengunjungi tempat ramai lainnya.

    "Untuk sasaran maupun jadwal dan tempat berikutnya mungkin akan kami koordinasikan dahulu misal di kantor, cafe dengan rapid sistem dadakan dan secara acak. Untuk hasil rapid nanti akan disampaikan," tegasnya.

    "Setelah PSBB Kota Prabumulih zona hijau namun kita tetap rutin melakukan Rapid test ke berbagai tempat umum yang banyak dikunjungi masyarakat terutama mall yang menyediakan produk kebutuhan rumah tangga," jelasnya.

    Kepala Bidang Kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih itu juga menghimbau agar masyarakat kota Prabumulih agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

    "Jangan mentang-mentang status zona hijau jadi tidak mematuhi protokol keseharan, karena tidak menutup kemungkinan angka penyebaran covid menanti. Tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan lainnya," bebernya.

    Sementara itu, perwakilan pengelola tenant mengaku menyambut baik dengan adanya rapid tes terhadap pegawai dan pengunjung citimall serta pegawai tenant tersebut.

    "Kita menyambut positif karena dengan adanya Rapid test memberikan kenyamanan kepada customer untuk memastikan bahwa semua karyawan kita kondisinya dalam keadaan sehat.

    Dari pemeriksaan hasilnya negatif atau non reaktif artinya semua tenant yang ada disini dalam keadaan baik," ungkap Budi yang merupakan Asisten Manager Matahari Departemen Store Citimall Prabumulih.

    Budi mengaku jika pihaknya telah menerapkan standar protokol kesehatan dimana semua customer yang masuk ke matahari wajib lakukan cuci tangan terlebih dahulu, pengukuran suhu tubuh dengan standar 37,5 derajat dan memakai masker.

    "Selain itu harus tetap jaga jarak, jika semua itu tidak dipatuhi maka dilarang untuk masuk berbelanja ke tenant kami," katanya.

    Manager Citimall Prabumulih, Yudi mengaku senang dan berterimakasih dengan dilakukannya rapid tes tersebut terlebih hasil seluruhnya non reaktif.

    "Harapan kita sebetulnya jangan di sampleing namun menyeluruh, kita dari perusahaan sebetulnya bisa melalukan rapid tes sendiri namun tidak ada dasar hukum karena selama ini hanya himbauan saja, namun kita berterimakasih," terangnya.

    Sumber: Diskominfo Kota Prabumulih.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KRIMINAL

    +