• Jelajahi

    Copyright © Kabarpatroli.id - Media Berita Online Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Lahat Tinjau Langsung Posko Covid-19 Di 3 Kecamatan Jarai, Tanjung Pinang Dan Jarai

    Riyan Hero
    Rabu, 03 Juni 2020, 9:12:00 PM WIB Last Updated 2020-06-03T14:12:11Z
    LAHAT, KABARPATROLI.ID - Usai menerima tamu dari PT. Bukit Asam TBK, Bupati Lahat Cik Ujang beserta jajaran langsung meninjau PuskesmasTanjung Pinang, Muara Payang, dan Jarai. Rabu (03/06/2020).

    Kunjungan yang dilakukan Bupati dan jajaran adalah untuk melihat secara langsung kondisi kesiapan Puskesmas dalam menyikapi antisipasi dan penanganan Covid-19.

    "Saya cek APD di tiga kecamatan untuk antisipasi kalau saja terjadi kekuranggan APD di Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Lahat, khususnya untuk tenaga medis yang berada di Puskesmas," ujar orang nomor satu di Kabupaten Lahat.

    Beberapa waktu lalu sempat mencuat rumor bahwa di Kecamatan Merapi ada masyarakat mengatakan bahwa terjadi kekuranggan APD dan minta bantu salurkan APD di Puskesmas mereka. Namun, saat disidak langsung oleh Bupati, kabar tersebut hanya kabar burung semata ujar " Cik Ujang.

    "Kegunaan APD adalah seperangkat perlengkapan yang berfungsi untuk melindungi penggunanya dari bahaya atau gangguan kesehatan tertentu, misalnya infeksi virus atau bakteri. Bila digunakan dengan benar, APD mampu menghalangi masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, mata, atau kulit.
    Saat Bupati Lahat Tinjau Puskesmas
    Salah satu kelompok yang paling berisiko terkena penyakit infeksi, termasuk COVID-19, adalah petugas medis, baik dokter, perawat, maupun petugas medis lain yang sering kontak dengan pasien COVID-19," lanjut Cik Ujang. 

    Mengenai hal tersebut, menurut Cik Ujang terkadang tidak tahu pelaku perjalanan dan siapa saja yang terpapar virus Covid-19 di dalam Kabupaten Lahat, dikarenakan kurangnya disiplin masyarakat dalam menyikapi penyebaran virus Covid-19, atau untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

    "Pada kesempatan ini saya Bupati Lahat dan selaku Ketua Tim Gugus Tugas mengimbau kepada tenaga medis untuk senantiasa memakai APD dalam memeriksa dan mengecek pasien, untuk menghindari paparan penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat penyebarannya.

    Untuk tenaga medis yang berada di Puskesmas ketika ada masyarakat yang berobat ada inidikasi ataupun gejala Virus Covid-19. Jangan segan-segan diperiksa secara detail ataupun dipegang tangannya. Jangan takut-takut tetapi pakai APD lengkap supaya kita menghindari terpapar langsung Virus Covid-19.

    Jangan takut. Tetap semangat semoga Pandemik Covid-19 di dunia ini segerah berakhir dan kita dapat beraktifitas seperti biasanya. Aamiin Ya Rabbal Alamin," pungkasnya.

    Laporan : Bambang.MD
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KRIMINAL

    +