• Jelajahi

    Copyright © KABARPATROLI.ID - Media Berita Online Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Masuk Bios Pada Laptop Acer

    Riyan Hero
    Rabu, 11 Juli 2018, 11:26 AM WIB Last Updated 2020-06-27T15:11:21Z

    BIOS adalah Suatu program yang mengeksekusi MBR (Master Boot Record) yang berada pada sector pertama pada harddisk, bertujuan memanggil Sistem Operasi dan menjalankannya.

    Berikut langkah-langkahnya :
    1. Nyalakan laptop, tekan tombol F2 saat muncul “Press F2 to enter setup” di pojok kiri bawah. Setiap komputer merk apapun pasti ada petunjuk tombol masuk bios pada saat komputer pertama kali menyala (Del/Esc/F12). Dalam hal ini Acer menggunakan tombol F2.
    2. Nah sekarang Anda berada di antarmuka BIOS.
    3. Tekan tombol navigasi kanan mengarah ke menu Boot.
    4. Lihat fungsi-fungsi tombol di sebelah kanan layar. Jika laptop anda bukan Acer atau beda versi BIOSnya, akan ada petunjuk disisi kanan layar walapun dalam bahasa inggris.
    5. Sebelum mengubah apapun. Pastikan anda mencatat atau memoto urutan boot tersebut, akan sangat berguna jika Anda selesai instalasi atau jika Anda lupa.
    6. Pada menu Boot akan muncul jenis-jenis perangkat yang bisa di boot. Jika ada namanya berarti perangkat tersebut sudah terdeteksi oleh Bios. Perangkat mana yang mau Anda boot? Dari CDROM atau flashdisk?
    • ATAPI CDROM: – cdrom internal
    • USB CDROM: – untuk cdrom eksternal
    • USB HDD: – untuk bootable flashdisk
    Mohon diingat! Ketika Anda memasang perangkat boot eksternal, colokkan kabel USB pada port USB1 ataupun port USB2 , jangan colokkan pada port USB3 (berwarna biru ).
    • 7. Edit Boot Priority Order. Pada langkah ini kita memindahkan perangkat ke urutan yang paling atas. Pindahkan perangkat yang mau di boot ke urutan paling atas /NO. 1 dengan menekan F6 dan F5 ( F6 untuk menaikkan dan F5 untuk menurunkan ).
    • 8. Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.
    • 9. Biarkan laptop nyala seperti biasa dan akan boot ke perangkat yang dimaksud.
    • 10. Bila anda sudah berhasil menginstal sistem operasi kembalikan urutan boot seperti semula ( langkah 5 ), bila Anda lupa posisi awal, letakkan HDD0 diurutan paling atas.
    Pada laptop Acer menekan Tombol F2. Jadi setelah menekan tombol Power, anda segera menekan tombol F2 karena waktu anda hanya 1 detik biasanya.

    Setelah Anda menekan tombol F2 akan terdapat beberapa menu, yaitu :
    1. Information.
    2. Main.
    3. Security.
    4. Boot.
    5. Exit.
    Untuk pindah antar menu tekan saja panah kiri dan kanan disudut bawah kanan keyboard
    • Information : Disini terdapat informasi mesin laptop anda mulai dari prosesor, system bios, serial number, product name dll.
    • Main : Menu ini ada beberapa Item yang penting untuk dipelajari. Biasanya di menu ini anda dapat merubah sistim waktu dan tanggal. Kemudian ada juga menu Quiet Boot, network boot, F12 boot menu, D2D recovery dan SATA Mode. Yang paling penting disini adalah item SATA Mode. Saat ini SATA Mode defaultnya atau setingan pabriknya AHCI. Nah, jika anda install Windows Vista atau Windows 7 ini tidak masalah. Tapi, lain cerita jika anda menginstall Windows XP dijamin tidak bisa. Untuk dapat kita install, setingan SATA Modenya harus kita rubah ke IDE Mode.
    • Security : Menu ini untuk pengamanan ( ada baiknya tidak usah dipassword ).
    • Boot : Menu ini untuk pengaturan Boot, untuk merubah boot utamanya tekan F5/F6.
    • Exit : Menu ini untuk keluar dan menyimpan seting yang kita rubah atau bisa juga keluar tanpa menyimpan, dan bisa juga untuk mengembalikan ke setingan awal yaitu Load Setup Default. Nah, untuk save pilih Exit Save Changes atau tekan aja tombol F10 danYes.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KRIMINAL

    +